Kecerdasan atau Hikmat?

Seorang bapak (B) membawa anak laki-lakinya (A) kepada pendeta (P) gerejanya…

B: Pak Pendeta, saya sudah tidak tahu lagi harus bagaimana cara mendidik anak ini. Anak ini kerjanya mabuk-mabukan setiap hari… 😦
P: Apa yang harus saya lakukan?
B: Saya berharap Pendeta bisa memberi nasehat padanya…
P: Baiklah, akan saya coba semampu saya … 🙂

Sementara si bapak dan anak menunggu di ruang kerja pendeta,  sang pendeta pun pergi ke dapur gereja mengambil dua buah gelas. Lantas, kedua gelas tsb diletakkannya di meja di hadapan mereka. Salah satu gelas diisi air oleh pendeta, sedangkan gelas yang satu diisi sisa minuman keras di botol yang kebetulan dibawa si bapak sebagai bukti kebiasaan buruk anaknya kepada si pendeta.

P: Nak, silakan pilih satu dari dua gelas ini … 🙂

Tanpa menunggu panjang, si anak yang langsung mengambil gelas yang berisi minuman keras dan hendak meminumnya…

P: hehehe… cukup, Nak. Saya tidak memintamu meminumnya. Sekarang letakkan kembali gelas itu di meja. 🙂

Si pendeta kemudian keluar ruangan lagi.Lamat-lamat terdengar suara cangkul dari luar ruangan. Tak lama kemudian, sang pendeta kembali ke ruangan sambil membawa dua ekor cacing. Rupanya, sang pendeta  tadi mencari cacing di halaman sekitar gereja.

P:Sekarang perhatikan, Nak.

Pendeta itu memasukkan seekor cacing ke dalam gelas berisi air, dan satu lagi ke dalam gelas berisi minuman keras… Cacing yang berada dalam air terus bergerak aktif, sementara cacing dalam minuman keras, hanya dalam waktu sebentar, terlihat mati.

P: Nah… mengerti apa yang saya maksud dengan kejadian ini, Nak? 🙂

A: Oooo…. saya paham Pak Pendeta. Kalau saya minum-minuman keras, cacing di dalam tubuh saya akan mati. 😀

Sang pendeta dan si bapak hanya bisa melongo dan saling pandang. Kecerdasan tidak sama dengan hikmat, bukan ?:)

~Kisah ini disampaikan oleh Pendeta Addi Soselia Patriabara – LPPS Yogyakarta (GKI Manyar, 13 Sept 2015)~

 

 

 

Leave a Reply

