Persiapan: STNK, Uang Parkir, dan Karcis

Pada hari-hari tertentu, saya biasa melakukan perjalanan rutin ke salah satu kompleks pertokoan di Surabaya dengan mengendarai Ertiga minus 1 (alias R2). Tidak ada yang istimewa dengan kegiatan tadi. Tapi yang saya ingin bagikan ke para pembaca blog ini -khususnya orang-orang muda yang senang dengan gaya serba tergesa-gesa- adalah ritual yang biasa saya lakukan beberapa tahun belakangan ini….Siapa tahu bermanfaat… 😉

Sebelum berangkat;

1. Saya harus memastikan sudah ada minimal 1 lembar uang Rp 2000,- sebagai uang parkir dan STNK terselip dalam dompet ~tidak perlu cek no seri uangnya, itu berlebihan… 🙂 ~

2. Dari rumah saya berangkat sekitar pukul 06.55 pagi ~saya pakai patokan jam di hp saya, soalnya jam di rumah dipercepat 10 menit … hehehe~

Perjalanan sampai di tujuan kurang lebih membutuhkan waktu 20 menit dengan kecepatan wajar menurut saya… 😀

Sampai di tempat parkir, saya mengambil karcis parkir yang disediakan melalui mesin parkir otomatis.  Kegiatan dimulai sekitar pukul 07.30. Jadi masih waktu sekitar 10-15 menit sebelum kegiatan di kompleks pertokoan tersebut saya mulai.

3. Sambil berjalan menuju ke lift, kemudian saya ambil dompet dari saku celana, dan memasukkan karcis beserta uang Rp 2000 ke sela-sela STNK…. ~bayangkan gaya Superman waktu mau jadi Clark Kent 😀 ~

4. Dompet saya masukkan kembali ke dalam saku celana ~Oya, hati-hati, jangan lupa memeriksa kantung celana Anda. Jangan sampai berlubang di bagian bawahnya,dan tertutup di bagian atasnya… itu berarti Anda beli celana yang salah jahit….~

Kegiatan di dalam kompleks pertokoan berjalan kurang lebih 2 jam, 20 menit, selesai kurang lebih pukul 09.55.

5. Sambil menuju lift, dompet saya ambil dari saku celana. STNK -beserta uang dan karcis di dalamnya- saya keluarkan, lalu saya masukkan ke saku baju. ~Sekarang, bayangkan gaya Clark Kent waktu mau jadi Superman 😀 ~

6. Sampai di tempat parkir, sepeda motor saya nyalakan, dan saya jalankan langsung menuju pos pemeriksa parkir. ~Saya tergolong orang yang tidak suka putar-putar mengelilingi tempat parkir…~

Tidak ada yang istimewa. Bahkan, semuanya terlihat sangat sepele. Tapi tahukah, Anda? Proses pemeriksaan karcis, STNK,  dan penerimaan uang tidak sampai 10 detik, dan  saya sudah bisa meninggalkan pos pemeriksaan karcis.

Sepuluh detik tadi ternyata hanya satu dari sekian banyak hal sepele yang sangat menguntungkan, bukan hanya bagi saya. Tapi juga bagi orang lain. Saya tidak perlu kebingungan cari STNK dan uang parkir dari dompet saya. Sang pemeriksa parkir bisa menjalankan tugasnya dengan sangat cepat tanpa perlu kebingungan menghitung uang kembalian. Dia juga tidak perlu sebal menunggu saya dengan alasan mencari karcis atau STNK yang terselip entah di mana. Pengemudi motor di  belakang saya tidak perlu menunggu saya terlalu lama untuk membayar parkir. Tahu sendiri kan, alangkah menyebalkan, menunggu antrian bermenit-menit hanya karena ada pengendara kebingungan yang mencari uang parkir di atau STNK di saku/ dompetnya. Dan yang tidak kalah penting, saya tidak perlu terlalu lama menyumbang asap di tempat parkir.

Kata kunci dalam “pemrograman” yang saya lakukan adalah persiapan. Sudah melakukan persiapan saja, terkadang masih ada yang terlewatkan, apalagi kalau tidak melakukan. Persiapan bermanfaat untuk memperkecil resiko kesalahan/ kegagalan. Persiapan membuat kita lebih tenang dalam melakukan segala hal. Segala kegiatan yang dipersiapkan, apalagi dipersiapkan dengan baik, akan memberikan hasil yang jauh lebih memuaskan, bagi banyak orang. Hai orang-orang muda, jangan anggap enteng persiapan. Persiapan sangat penting dalam menjalani kehidupan!  🙂

Leave a Reply

