Makan tuh gengsi… ;)

motor
Usai perkuliahan Kewirausahaan, seorang mahasiswa (M) datang menghampiri saya (S) dengan penuh semangat…

M: Pak, gara-gara materi kuliah hari ini. Saya jadi pengen banget usaha. Saya sudah punya ide, dan saya yakin ide ini pasti berhasil… 🙂
S: Sippp… Kalau begitu kerjakan… jangan berpikir terlalu panjang… 🙂
M: Itu dia masalahnya, Pak. Saya belum punya modal. Ide saya ini butuh modal sekitar 5 jutaan… 😦
S: Kamu punya motor, kan?
M: Punya, Pak. Emangnya kenapa, Pak?
S: Motor itu kamu pakai sendiri atau juga dipakai orang rumah?
M: Motor saya sendiri, Pak. Hadiah karena saya kuliah.
S: Berapa harganya kalau dijual? Kira-kira saja…
M: Paling tidak Rp 12jt, Pak. Itu kan motor baru. Masih tinggi harganya, Pak.
S: Ok. Sekarang jual motormu. Cari motor 6jt an, 6jt lagi buat modal usahamu.
M: Lho, kan berarti saya naik motor bekas, Pak?
S: Masalah rupanya? Kalau kamu jalankan usahamu dengan serius, tahun depan kamu bisa punya lebih dari sekedar sebuah sepeda motor baru…
M: Tapi, pak….Masak saya naik motor bekaaasssss… 😦

~Hahaha…benar, kan? gengsi adalah salah satu penghalang anak muda berwirausaha…~

Leave a Reply

