Tidak ada yang gratis :)

beggarSeorang pengemis (P) berumur tiga puluh tahun-an terlihat menghampiri seorang Ibu (I) yang tengah menanti taksi…

“Seikhlasnya, Bu…, “kata si pengemis sambil menengadahkan tangannya dengan aksi wajah memelas….
Setengah terkaget, si Ibu menjawab, “Maaf ya, Pak….Saya nggak punya uang kecil …”
“Uang besar juga tidak apa2 koq, Bu, ”
….hehehe…. pintar becanda juga rupanya si pengemis ini…
Meski sebenarnya agak jengkel, si Ibu tidak dapat menahan senyumnya, “Wah, saya nggak ikhlas kalau gitu…. 🙂 ”
Merasa “strategi komunikasinya” mulai mengena di hati si Ibu, sang pengemispun melanjutkan perjuangannya.
“Berapa sih uang Ibu? Saya punya koq kembaliannya.”
“Sepuluh ribuan, ” jawab si Ibu tadi.
“Ibu mau kasih saya berapa?”
Sambil menyerahkan uangnya, si Ibu bilang, “seribu…”
Sesaat kemudian sang pengemis merogoh tas kecil yang dibawanya..
Hitung…hitung…diserahkannya sejumlah uang lima ratusan kepada si Ibu tadi…
“Silakan dihitung dulu, Bu..”
Ibu itupun menghitung…..dan…..;
“Lho, koq cuma delapan ribu, Pak???!!”
“Iya,  Bu. Tadi saya potong dipotong seribu rupiah utk ongkos tukar uang pecahan….”
Dan si Ibu pun hanya bisa melongo…

Leave a Reply

