5S: Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shitsuke

5S

5S adalah sebuah metode pengelolaan dan pemeliharaan segala kegiatan di tempat kerja (termasuk sarana/ prasarana penunjangnya) dalam rangka mengoptimalkan kinerja perusahaan secara keseluruhan (5S bisa dilakukan di seluruh bagian/ departemen yang ada di perusahaan, tidak hanya di lantai produksi).

5S berasal dari Jepang (beberapa orang menyebut 5S sebagai Teknik Good Housekeeping ala Jepang). Saat ini, 5S sudah diterapkan di banyak perusahaan multinasional di berbagai negara.

5S bukan hanya untuk perusahaan manufaktur. Perhotelan, perbankan, industri pariwisata, perusahaan distribusi, retailer, dsb, juga bisa menerapkan 5S.

5S juga bertujuan meningkatkan kualitas moral pekerja dan  kebanggaan terhadap pekerjaan yang mereka lakukan.

5S mudah sekali dipahami. Tapi pelaksanaannya tidaklah semudah yang dibayangkan banyak orang. Hambatan akan muncul dari banyak pihak, termasuk dari pemilik perusahaan (inisiator 5S itu sendiri) dan dari pekerja.

5S sangat membutuhkan kesadaran visual seluruh sumberdaya manusia dalam perusahaan, khususnya menyangkut ketelitian (visual control).

5S, berdasarkan filosofinya, pelaksanaan tidak boleh dibolak-balik (urut dari S1, S2, S3, S4, dan S5).

5S harus direncanakan dengan matang (planning), terorganisasi (organizing), segera dilaksanakan (actuating), dan diawasi (controlling) pelaksanaannya,

5S dalam pelaksanaannya, sebaiknya dilengkapi dengan check-list.

5S, jika dilakukan dengan penuh komitmen akan mengurangi berbagai komponen biaya (biaya penyimpanan, biaya kebersihan, biaya perbaikan/ perawatan, biaya penambahan ruangan, dsb).

5S, jika dilakukan dengan penuh komitmen, diharapkan akan meningkatkan:

  • Efisiensi.
  • Efektifitas kerja.
  • Produktivitas kerja.
  • Kualitas moral pekerja.
  • Kebanggaan pekerja terhadap pekerjaan dan perusahaan.
  • Meningkatkan citra perusahaan.

5S, ke lima prinsip dan contoh tindakan-tindakan praktisnya:

(S1) Seiri= Clear up= (R1) Ringkas

“Pisahkan barang-barang/ alat-alat yang diperlukan dan tidak diperlukan saat akan bekerja. Dan pastikan hanya barang-barang/ alat-alat yang diperlukan yang ada di lokasi kerja.”

Beberapa contoh tindakan praktis:

  • Menyingkirkan alat yang tidak diperlukan dari lokasi kerja (termasuk alat-alat yang rusak).
  • Menyingkiran bahan yang tidak diperlukan dari lokasi kerja.
  • Membuang bahan-bahan yang sudah kadaluarsa dari gudang.
  • Siapkan tempat untuk menampung alat-alat yang sudah tidak digunakan lagi.

Tips:
Beri tanda/ label khusus (misalnya: label berwarna merah) pada barang atau alat yang tidak diperlukan. Cara ini akan mempercepat proses perapian (S2-Seiton).

(S2)Seiton= Keep in good order= (R2) Rapi

“Rapikan atau atur barang/ alat/ dan segala hal sedemikian rupa, sehingga mudah diambil dan digunakan saat dibutuhkan.”

Beberapa contoh tindakan praktis:

  • Membuat tempat penyimpanan alat yang efektif dan efisien.
  • Beri label dan petunjuk lokasi tempat penyimpanan alat.
  • Buat daftar barang/ alat di setiap tempat penyimpanan
  • Memberi label pada setiap alat yang ada.
  • Menyimpan alat sesuai dengan urutan yang telah ditetapkan.
  • Merapikan meja kerja setelah selesai kerja.
  • Memastikan tidak ada bahaya (bahaya reaktifitas, bahaya api, bahaya ledakan, dsb) yang ditimbulkan dari bahan-bahan yang saling berdekatan.
  • Buatlah Standard Operating Procedures (SOP) khusus untuk “proses penyimpanan”.

(S3)Seiso=Clean=(R3) Resik

“Bersihkan alat dan seluruh tempat kerja dari berbagai macam kotoran, sampah, bahan-bahan yang tidak diperlukan. Ubah perusahaan menjadi tempat yang SUPER BERSIH

Beberapa contoh tindakan praktis:

  • Membersihkan seluruh alat yang tidak digunakan.
  • Membersihkan seluruh alat yang sudah selesai digunakan.
  • Membersihkan lantai dari seluruh jenis kotoran (termasuk dari debu, air, minyak, dsb).
  • Membersihkan seluruh ruang kerja setelah selesai kerja.
  • Siapkan tempat sampah.
  • Mencari sumber-sumber penyebab kotoran, dan sebisa mungkin membatasi munculnya kotoran dari sumber tersebut.
  • Buatlah Standard Operating Procedures (SOP) khusus untuk “proses pembersihan”.

(S4)Seiketsu= Maintain (standarisasi) = (R4) Rawat

“Rawatlah segala alat/ perlengkapan yang ada”

Beberapa contoh tindakan praktis:

  • Mengisi jadual perawatan rutin alat.
  • Mengganti pelumas mesin sesuai jadual.
  • Melakukan kalibrasi alat secara rutin (sesuai jadual).
  • Memeriksa bagian-bagian mesin/ alat kerja yang rawan mengalami keretakan (dekat dengan lokasi pembebanan/ panas tinggi, dsb).
  • Memeriksa bagian-bagian mesin/ alat kerja yang rawan mengalami kebuntuan (filter/ saringan, bagian-bagian belokan aliran material, dsb).
  • Buatlah Standard Operating Procedures (SOP) khusus untuk “proses perawatan”.

(S5)Shitsuke=Self-discipline=(R5) Rajin

“Lakukan semua aturan (S1-S4) secara konsisten dan berkelanjutan

Beberapa contoh tindakan praktis:

  • Melakukan 5R setiap hari.

Tips:
– Membuat 5S menjadi sebuah kebiasaan tidaklah mudah. Perlu pengawasan terus menerus. Sampai 1 bulan pertama, pengawasan mungkin harus dilakukan setiap hari. Kemudian berangsur-angsur berkurang menjadi 1 minggu sekali, termasuk dengan sesekali melakukan pengawasan dan pemeriksaan mendadak.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s