Tips Mastercam: MENGATUR POLA DENGAN PERINTAH NESTING

Suatu hari seorang kawan datang pada saya sambil membawa dua buah pola kertas yang menurut dia adalah dua bentuk produk metal yang akan dibuatnya beserta selembar bahan metal dengan bentuk yang menurut saya agak kacau.

Gambar 1. Pola dan bentuk bahan

Dia meminta saya untuk mengatur peletakan produk tersebut sedemikian rupa pada lembaran bahan yang dibawanya agar jumlah produk yang dibuat dapat semaksimum mungkin. Secara manual, diperlukan waktu yang cukup lama untuk memenuhi kebutuhan penataan pola seperti itu. Pernahkah Anda menghadapi situasi serupa?

Seketika saya langsung teringat pada salah satu perintah dalam Mastercam yang cukup efektif digunakan untuk keperluan sejenis. Nama perintahnya adalah Nesting.

Cara penggunaannya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan perintah-perintah penggambaran Mastercam untuk menggambar pola dan bentuk “bahan” yang akan “ditempel” dengan pola-pola tersebut. Anda dapat menggunakan bentuk pola dan bentuk apapun sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mencoba perintah Nesting ini.
  2. Jalankan perintah Nesting dengan cara memilih Main menu> Xform> Nesting. Perintah ini akan memunculkan kotak dialog Nesting.
  3. Arahkan cursor pada kotak putih Sheet list. Klik tombol kanan mouse Anda, pada menu yang baru saja muncul, pilih Add chained sheets. Perintah ini digunakan untuk memilih “model” bahan (lembaran).

Gambar 2. Pilih Add Chained Sheets

  1. Anda akan sejenak dibawa Mastercam ke bidang gambar. Pada bidang gambar, klik obyek “bahan” (perhatikan kembali gambar 1).
  2. Pilih Done pada menu untuk mengakhiri pemilihan bahan
  3. Berikutnya pilih tab Parts pada kotak dialog Nesting.
  4. Arahkan cursor pada kotak putih Part list. Klik tombol kanan, pada menu yang baru saja muncul, pilih Add chained parts.

Gambar 3. Pilih Add Chained Parts

  1. Kembali Anda akan dibawa Mastercam ke bidang gambar. Pada bidang gambar, klik obyek-obyek  “pola”. Perhatikan kembali gambar 1! Pada gambar tersebut terdapat dua buah pola.
  2. Pilih Done pada menu untuk mengakhiri pemilihan pola.
  3. Ubah Step angle menjadi 5 (derajad). Step angle digunakan untuk mengatur variasi sudut kemiringan antar pola yang akan dibuat.
  4. Klik Common edge untuk mengaktifkan parameter ini. Dengan mengaktifkan parameter ini, maka peletakan pola pada bahan akan lebih bebas dilakukan didasarkan pada kemiripan karakteristik sisi-sisi pola.

Gambar 4. Pengaturan Part

  1. Selanjutnya kita akan mengatur parameter Groups. Pilih tab Groups pada kotak dialog Nesting tersebut.
  2. Drag kedua pola (part#1 dan part#2) dari Available Parts ke Parts in Groups. Dengan melakukan langkah ini, berarti Anda telah mengelompokkan kedua part menjadi satu kelompok. Artinya, dalam melakukan proses “perbanyakan” kedua pola ini, Mastercam Anda “paksa” sedapat mungkin membuatnya secara berpasangan.

Gambar 5. Pemindahan parts ke group 1

  1. Sekarang sampai pada tahap pengaturan terakhir perintah Nesting, pilih tab Parameters.
  2. Ubah Part-Part Distance menjadi 1. Parameter ini digunakan untuk mengatur jarak minimum (kedekatan) antar part pada bahan.

Gambar 6. Pengaturan peletakan part

  1. Pilih OK. Tunggu sejenak, Mastercam akan melakukan kalkulasi. Dan…, Simsalabim! Mastercam baru saja membantu Anda melakukan pengaturan pola pada bahan tadi.

Gambar 7. Preview hasil nesting

  1. Kalau Anda ingin melakukan pengaturan kembali terhadap beberapa parameter tadi, pilih Redo. Tapi kalau Anda sudah cukup puas, pilih OK untuk mengakhiri perintah Nesting ini.
  2. Pola hasil perintah Nesting dalam Mastercam siap untuk dicetak (printing) dan setelah itu dapat Anda tempelkan pada bahan yang sebenarnya untuk dipotong.

Semoga bermanfaat!

Penulis:
Tigor Tambunan
Dosen Jurusan Teknik dan Manajemen Industri STTS dan penulis Buku Belajar Sendiri Mastercam Versi 9.
Email: STB_Tambunan@yahoo.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s